• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Beberapa Akuisisi Perusahaan Teknologi dengan Nilai FANTASTIS

 on Saturday 13 August 2016  

Sejarah akuisisi perusahaan teknologi | Proses akuisisi sebuah perusahaan IT oleh perusahaan lainnya bukanlah hal baru, sejak dulu sering kali kita dengar berita mengejutkan tentang sebuah perusahaan mencaplok perusahaan lain untuk melebarkan sayap, mengurangi saingan dan lain sebagainya.
Baru-baru ini Yahoo! yang merupakan salah satu pelopor internet di akuisisi oleh raksasa telekomunikasi di Amerika yaitu Verizon hanya dengan harga $4,83 milyar, padahal dulu mereka sempat ditawar oleh Microsoft dengan harga sekitar $49 milyar, namun mereka tolak. Selain itu tentu Anda juga pernah mendengar WhatsApp dibeli oleh Facebook, Instagram juga oleh Facebook, dan yang cukup mahal adalah ketika Microsoft mengakuisisi LinkedIn dengan harga $26 milyar atau sekitar Rp 349 triliun.
Ada banyak contoh sejarah sebuah perusahaan IT diakuisisi oleh perusahaan lain yang sempat menghebohkan karena nilainya yang sangat tinggi, berikut ini adalah beberapa diantaranya yang  lansir dari lamanTimesofIndia (27/07/2016).
1. Microsoft membeli LinkedIn dengan harga $26,2 milyar
Pada juni tahun 2016 ini, Microsoft mengumumkan telah mengakuisisi jejaring sosial kalangan profesional LinkedIn dengan harga sekitar $26 milyar atau setara dengan Rp 349 triliun.
2. Avago Technologies membeli Broadcom Corp seharga $37 milyar
Ini merupakan salah satu kesepakatan penawaran terbesar pada industri semikonduktor dengan target pada pasar nirkabel (wireless) yang terus berkembang.
3. Dell membeli EMC Corporation seharga $67 milyar.

Dell membeli perusahaan penyimpan data dan informasi keamanan dalam nilai yang termasuk sangat tinggi dalam bidang industri teknologi.
4. XNP membeli Freescale Semikonduktor seharga $11,8 milyar
Pembuat Chip NXP Semiconductor NV setuju untuk membeli pembuat chip yang lebih kecil bernama Freescale Semiconductor dengan harga $11,8 milyar. Kesepakatan tersebut membuat nilai kombinasi keduanya lebih dari $40 milyar.
5. Lenovo membeli Motorola dari Google seharga $2,9 milyar
Setelah kehilangan lebih dari $2 milyar dalam waktu kurang dari dua tahun, Google akhirnya menjual bisnis smartphone Motorola kepada Lenovo Group dengan harga $2,9 milyar. Namun tetap memegang patennya.
6. Facebook membeli WhatsApp sekitar $21,8 milyar
Raksasa media sosial Facebook melebarkan sayap dengan membeli aplikasi messanging WhatsApp yang saat itu hanya memiliki karyawan sekitar 50 orang saja.
7. Google membeli Motorola Mobility $12,4 milyar
Raksasa mesin pencari Google mengejutkan banyak pihak dengan mengakuisisi Motorola. Google dikatakan telah mengakuisisi perusahaan sebagian besar untuk portfolio 17.000 paten mobile.
8. Microsoft membeli Skype sekitar $8,5 milyar pada tahun 2011
Raksasa pembuat perangkat lunak Microsoft meningkatkan layanannya dengan memebeli perusahaan penyedia layanan panggilan video online Skype dengan harga yang cukup mengejutkan pada saat itu.
9. Oracle membeli Sun Microsystem seharga $7,4 milyar
Pada Januari 2010 Sun Microsystem sebuah perusahaan semikonduktor dan perangkat lunak yang bermarkas di Santa Clara, California secara mengejutkan telah dibeli oleh Oracle Corporation dengan nilai $7,4 milyar.
10. Symantec membeli Veritas sekitar $13,5 milyar
Perusahaan software keamanan Symantec memperluas kemampuan penyimpanan dengan membeli Veritas dengan harga $13,5 milyar. Kesepakatan ini ternyata menimbulkan ketidakcocokan, yang berpuncak pada keputusan Symantec menjual Veritas pada tahun lalu sebesar $8 milyar kepada Carlyle Group dan Singapore Sovereign wealth fund, GIC.
11. Hewlett-Packard membeli Compaq sekitar $19 milyar
Kesepakatan akuisisi ini diperjuangkan oleh CEO Carly Fiorina sebagai cara HP untuk menjadi saingan kuat pembuat komputer IBM, namun menghadapi perlawanan gigih dari beberapa pemegang saham terkemuka, termasuk beberapa ahli waris pendiri HP.
12. VeriSign membeli Network Solution dengan harga $21 milyar
Pembuat perangkat lunak keamanan VeriSign mengakuisisi registrar nama internet Network Solution dalam sebuah kesepakatan semua sahamnya dengan nilai sekitar $21 milyar.
13. Verizon membeli Yahoo dengan harga $4,83 milyar
Kedikdayaan Yahoo pada masa lalu ternyata kini seakan sirna setelah mereka dibeli oleh Verizon dengan harga yang dibilang cukup murah yaitu sekitar $4,83 milyar, padahal dulu mereka pernah ditawar oleh Microsoft dengan harga berkali-kali lipat dibanding harga penjualan ke Verizon.
Itulah beberapa contoh proses akuisisi sebuah perusahaan teknologi oleh perusahaan lainnya dengan nilai yang cukup fantastis, contoh-contoh lain sebenarnya masih banyak bahkan nilainya cukup tinggi juga, namun kami mencoba menuliskan beberapa yang cukup terkenal dalam tulisan ini, mungkin pada kesempatan yang akan datang akan kami tuliskan contoh yang lainnya.
Angka-angka diatas kami tuliskan dalam bentuk $dollar, jika Anda ingin tau nilai rupiahnya tinggal kalikan dengan kurs dollar (pada saat artikel ini ditulis kurs dollar Rp 13.105).

Beberapa Akuisisi Perusahaan Teknologi dengan Nilai FANTASTIS 4.5 5 xxx Saturday 13 August 2016 Sejarah akuisisi perusahaan teknologi  | Proses akuisisi sebuah perusahaan IT oleh perusahaan lainnya bukanlah hal baru, sejak dulu sering...


No comments:

Post a Comment

J-Theme